Teknik Bermain melawan Karet Bintik

Rp 100.000
Keterangan
Teknik Bermain melawan Karet Bintik

Berbagai alasan seseorang berolahraga dengan bermain tenis meja, diantaranya: ada yang memang benar-benar dipersiapkan untuk bertanding jika ada turnamen, ada yang hanya untuk sekedar hiburan, hanya berniat untuk menggerakkan badan dengan tujuan keluar keringat alias berolahraga, bahkan ada juga yang karena kecanduan bermain tenis meja.

Terlepas dari berbagai alasan tersebut, dalam prakteknya ke-empat kategori di atas tetap membutuhkan teknik dalam bermain, karena permainan tenis meja adalah unik. Hal ini disebakan oleh karena adanya putaran bola yang bermacam-macam dan setiap pemain mempunyai karakter permainan yang berbeda-beda. Begitu pula rubber/karet yang digunakan oleh setiap pemain pun berbeda-beda pula, sehingga putaran/karakter yang dihasilkan juga berbeda-beda. Sebagai contoh ada yang dua sisi bet nya memakai karet licin dan ada yang pada satu sisi bet nya menggunakan karet bintik. Karet bintik yang digunakan oleh para pemain jenisnya bermacam-macam, bahkan ada diantara mereka yang meng-oplos karet bintik tersebut dengan tujuan agar dapat mengembalikan setiap putaran bola atau spin lawan dengan mudah.

Dalam prakteknya, pemain yang mengunakan karet jenis oplosan (tidak termasuk karet/rubber) sering tidak diperkenankan untuk ikut dalam suatu turnamen atau kejuaraan tenis meja. Namun jika dikembalikan kepada alasan seseorang untuk bermain tenis meja, maka pemain yang mengoplos karetnya dapat disimpulkan tujuan tenis mejanya hanya untuk sekedar bersenang-senang atau bahkan memang kecanduan bermain dan ingin membunuh setiap spin dari lawan. Bintik oplosan atau bintik proses, adalah karet bintik yang dicelupkan pada bahan minyak/oli atau apapun yang sejenisnya dan di diamkan sampai melar dan empuk, biasanya bintik yang dioplos adalah tipe karet bintik semi/long pimple rubber dan biasanya digunakan untuk melakukan backhand. Terkait dengan hal tersebut, di bawah ini akan dijelaskan sedikit mengenai teknik bermain tenis meja melawan pemain yang menggunakan karet bintik.

Untuk setiap pemain yang pertama kali bermain dengan pemain yang menggunakan jenis karet bintik oplosan, akan mengalami sedikit kebingungan, karena setiap serangan spin yang diberikan kepadanya dapat dikembalikan dengan mudah bahkan menjadi dead ball atau bola yang mematikan. Pemain bet licin yang menghadapi pemain karet bintik, akan sedikit bingung antara harus di chop di dorong/push atau di loop/top spin dalam mengembalikan bola kepadanya.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah, jika kita melancarkan pukulan kosong baik itu mendorong atau smash ketika di tahan dengan bintik, maka putaran bolanya akan menjadi back spin atau bola dengan putaran padat (kalau dengan karet licin bisa disebut di chop), maka untuk mengembalikannya kita harus mengangkat bola tersebut, istilah biasanya dispin atau di loop. Ketika kita melancarkan serangan dengan bola side spin/chop dan kemudian ditahan dengan bintik oplosan, maka bolanya akan menjadi kosong, oleh karena itu kita tinggal menyerang dengan dorongan atau langsung smash atau top spin. Di bawah ini akan dijelaskan asumsinya sebagai berikut:

Serve:
Serve dengan bola kosong ke arah bintik, jika dikembalikan dengan bintiknya maka kita siap-siap untuk men-spin dengan mengangkat bola tersebut/loop, jika ditahan (ter-block) kembali oleh bintiknya, maka putaran backspin nya akan lebih padat, kalo kita sanggup kita bisa me-loop nya lagi (bisa dicoba) tapi kalau tidak kita chop saja tapi tidak dengan tekanan kuat, cukup dorong sedikit ke depan (posisi bet menengadah sebagaimana chop), jika diterima kembali oleh bintiknya, nah disini kita siap-siap melancarkan pukulan smash flat baik forehand atau backhand tergantung kemana arah bola.Serve dengan bola chop padat/back spin, jika dikembalikan dengan bintiknya, maka akan menjadi bola kosong, oleh karena itu kita siap-siap untuk melakuan serangan dengan pukulan smash, baik itu flat smash atau top spin. Apabila ditahan kembali oleh bintiknya, maka putaran akan menjadi back spin, kita bisa me-loop nya tapi kalau tidak kita chop saja tapi tidak dengan tekanan kuat, cukup dorong sedikit ke depan (posisi bet menengadah sebagaimana chop), jika diterima kembali oleh bintiknya, disini kita siap2 melancarkan pukulan smash flat lagi baik forehand atau backhand tergantung kemana arah bola.

Yuk ikut DONASI TURNAMEN di wilayah Jogja dan Sekitarnya dengan harta anda bisa transfer ke BCA No.rek : 8610227024 A.n : Ridwansyah dan konfirmasi Donasi ke wa 08994147005




Related Product :

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. Toko tenis meja murah jual peralatan tenis meja berbagai merk terkenal grosir dan retail. - Jasa Buat Website Murah sms/wa 08994147005 http://www.tokomuslimjogja.com/